Akhirnya, Santunan Korban Crane Masjidil Haram Segera Dibayar

 Sonora FM Lampung,  29-08-2017 12:36:09

  

Sonoralampung.com

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menyatakan proses pencairan santunan kepada jemaah haji korban jatuhnya crane di Masjidil Haram pada 2015 telah selesai. Dana tersebut tinggal dibayarkan kepada jemaah dan ahli warisnya.

Kabar tersebut disampaikan oleh Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel. Dia mengatakan telah menerima nota diplomatik bersifat segera pada Senin sore kemarin (28 Agustus 2017) waktu setempat.

Dalam nota tersebut, tim verifikasi Pemerintah Saudi menyatakan telah menyelesaikan tugas menentukan jemaah yang mendapat santunan dari Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud.

” Karena sifatnya sangat segera, maka kita akan lakukan sangat segera juga. Alhamdulillah, kabar gembira itu langsung saya sampaikan di sini. Sejak saya datang, selalu melakukan diplomasi terkait masalah ini,” ujar Agus, dikutip dari kemenag.go.id, Selasa, 29 Agustus 2017.

Agus mengatakan nota tersebut mencantumkan daftar nama korban penerima santunan. Daftar nama tersebut disusun berdasarkan hasil verifikasi yang telah dijalankan.

” Nama tersebut keluar berdasarkan verifikasi, tes DNA dan proses lain yang dilakukan pemerintah Arab Saudi,” kata Agus.

Lebih lanjut, Agus mengakui penetapan penerima santunan berjalan cukup lama sampai dua tahun. Ini lantaran terdapat sejumlah nama yang sebenarnya tidak termasuk korban turut meminta santunan.

Penyelenggaraan ibadah haji 1436H/2015M diwarnai insiden jatuhnya crane raksasa milik kontraktor properti Bin Laden Group. Insiden itu menyebabkan banyak jemaah dari seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia meninggal dan mengalami luka parah.

Kerajaan Arab Saudi menjanjikan santunan sebesar 1 juta riyal, setara Rp3,5 miliar untuk korban yang meninggal dunia. Selain itu, korban yang mengalami luka mendapatkan santunan sebesar 500 ribu riyal, setara Rp1,7 miliar.

Tags: , , ,

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN